Polres Sumenep Hadir di SMA Negeri 2 Sumenep

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SUMENEP, Jatimexplore.net – Upacara bendera 11 September 2023 dalam rangka pembinaan pelajar SMA Negeri 2 Sumenep, Waka Polres Sumenep KOMPOL SOEKRIS TRIHARTONO, S.Sos menjadi pembina upacara, senin (11/09/2023).

Kapolres Sumenep, AKBP EDO SATYA KENTRIKO, S.H., S.I.K., M.H. melalui waka Polres Sumenep dalam sambutannya mengatakan “Berdasarkan data dari DITLANTAS POLDA JATIM pada periode bulan Januari sampai dengan Agustus 2023 angka kecelakaan dibandingkan periode yang sama tahun 2022 mengalami kenaikan 70, 12 persen, dengan korban 965 jiwa ( naik 38, 25 persen ).Demikian juga dengan pelanggaran LAKA LANTAS meningkat cukup tajam sebanyak 1, 254 persen dengan tilang sebanyak 308,181 kasus.

Meningkatnya angka pelanggaran dan LAKA LANTAS di jawa timur tidak terlepas dengan adanya peningkatan mobilitas penduduk seiring dengan peningkatan perekonomian pasca pandemi covid 19. Penyebab lain adalah menurunnya kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas. Hal ini disebabkan kurangnya anggota POLANTAS ditengah masyarakat sebagai akibat perubuhan sistem penindakan dari manual ke sistem elektronik sehingga sebagian besar masyarakat tidak takut lagi karena berkurangnya intensitas POLANTAS ditengah masyarkat.

Untuk meminimalisir permasalahan tersebut serta untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan dalam berlalu lintas bagi masyarakat Jawa Timur guna cipta kondisi KAMSELTIBCARLANTAS melalui pelaksanaan OPS MANTAP BRATA SEMERU 2023- 2024. Maka POLDA Jawa Timur beserta jajarannya melaksanakan operasi kewilayahan dengan sandi ZEBRA SEMERU 2023 dengan Menggunakan tema KAMSELTIBCARLANTAS YANG KONDUSIF MENJELANG PEMILU 2024.

Operasi zebra dilaksanakan 14 hari mulai tanggal 4 sampai dengan 17 September 2023. Operasi ini difokuskan pada lokasi- lokasi rawan kecelakaan ( BLACK SPOT ) , Rawan kemacetan ( TROUBEL SPOT ) dan rawan pelanggaran dengan di dukung preemtif guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kesadaran berlalu lintas sehingga dengan pelaksanaan operasi zebra semeru 2023 dapat menekan angka fatalitas laka lantas dan menciptakan KAMSELTIBCARLANTAS di Jawa Timur ”

TO Khusus & PRIORITAS
1. Pengendara sepeda
motor yang tidak
menggunakan helm
standar nasional ( SNI )
2. Pengendara Ranmor yang
melebihi kecepatan.
3. Pengendara ranmor
masih di bawah umur.
4. Pengendara ranmor R4
yang tidak menggunakan
safety belf
5. Pengendara ranmor
dibawah pengaruh
alkohol/narkotika
6.Menggunakan HP pads
saat mengemudikan
kendaraan.
7. Melawan arus
8. Boncengan lebih dari 1
orang

Di tempat yang sama KOMPOL SOEKRIS TRIHARTONO, S.Sos. mengatakan ” kehadiran polres sumenep ke sma agar tercipta kedisiplinan. Dengan demikian melalui kedisiplinan diharapkan sebagai berikut:
1 KAMSELTIBCARLANTAS
dapat berjalan dengan
baik.
2. Meminimalisir laka lantas
3. Korban fatalitas laka
lantas dapat dicegah.

” Akhir – akhir ini maraknya sepeda listrik. KOMPOL SOEKRIS TRIHARTONO, S.Sos menghimbau kepada orang tua.Sepeda ini hanya diberikan kepada anak sebagai berikut.
1.Sepeda motor listrik
diberikan kepada anak
yang dewasa emosinya
2. Sepeda motor listrik
diberikan anak anak yang
sudah tahu mematuhi
peraturan lalu lintas

Selesai upacara, di tempat yang sama KOMPOL SOEKRIS TRIHARTONO, S.Sos menyerahkan Bendera Kamabigus SMA Negeri 2 Sumenep ke Kepala SMA Negeri 2 Sumenep serta penghargaan atas nama Ranila Putri Amelia telah mengikuti jambore internasional di Korea selatan tahun 2023.

Awak media jatimexplore.net mengkonfirmasi ke Drs. Sukarman, Kepala SMA Negeri 2 Sumenep. Ia mengatakan, ” tahun ke depan untuk bisa mengikuti jambore internasional harus memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka,” pungkasnya. ( tondo/FRN )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *