Jamin keamanan Idul Fitri 1443 H, Polda Sulteng gelar Ops Ketupat Tinombala 2022

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

PALU, Jatimexplore.net – Pengamanan hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022 di halamanan Polda Sulteng, Jumat (21/04/2022)

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Drs. Rudi Sjufahriadi bertindak selaku pimpinan apel dan sekaligus berkesempatan membacakan amanat tertulis Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

Sebanyak 4.184 personel akan dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Idul fitri 1443 Hijriah. Personil gabungan tersebut berasal dari Polda Sulteng, Polres jajaran, TNI, Instansi terkait dan mitra kamtibmas.

Demikian antara lain diungkapkan Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto kepada awak media setelah pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022.

“Operasi Ketupat Tinombala 2022 ini akan berlangsung selama 12 hari terhitung mulai tanggal 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022. Total personil yang dilibatkan dalam pelaksanaan Operasi sebanyak 4.184 personil terdiri dari Polda Sulteng, Polres jajaran, TNI, Instansi terkait dan mitra kamtibmas,” ungkapnya.

Didik juga mengatakan, Terdapat 71 Pos Pengamanan, 21 Pos Pelayanan dan 2 Pos Terpadu dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Tinombala 2022 di wilayah Polda Sulteng.

“Pos Pengamanan bertugas menyelenggarakan pengamanan dari gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas seperti jalur trans sulawesi, komplek perumahan dan rumah ibadah. Sedangkan Pos Pelayanan dan Pos Terpadu melaksanakan tugas pengamanan di objek-objek tertentu seperti pusat keramaian, pusat belanja, terminal, bandara, pelabuhan dan tempat wisata,” jelas Kabidhumas.

Ia juga menerangkan, untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dalam negeri, pihaknya akan memaksimalkan kegiatan posko di terminal, bandar udara dan pelabuhan.

“Posko ini bukan hanya sekedar menjadi posko pengamanan dan pelayanan, namun juga berfungsi untuk mengendalikan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Tinombala 2022 kali ini mengangkat tema wujud sinergi Polri dengan Instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir dalam apel adalah Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Wakapolda Sulteng, Seluruh pejabat utama Polda Sulteng, Kepala Dinas/Instansi serta pasukan upacara dari TNI, Polri, Satpol PP, Basarnas, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, Senkom dan mitra kamtibmas.(tondo/FRN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *