Ditjen Pol & PUM Kemendagri Gelar Webinar Memperkuat Literasi Digital Indonesia Bersama MyEduSolve

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA, Jatimexplore.net – Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar webinar bertema “Memperkuat Literasi Digital Indonesia Bersama MyEduSolve”, Rabu (10/11/2021). Webinar tersebut menghadirkan berbagai narasumber: COO MyEduSolve Stephanie Seputra, Event & Operations MyEduSolve Dara Syafira, dan Partnership Lead MyEduSolve Syifa Rachmawati.

Dalam pengantar diskusi, Direktur Bina Ideologi, Karakter, dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Pol & PUM Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan menyampaikan, webinar kali ini dapat memantik dan membangkitkan semangat masyarakat yang lebih luas atas literasi digital pada masa pandemi. Kerja sama antara Ditjen Pol & PUM dengan MyEduSolve yang bergerak dalam bidang teknologi dan pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak muda Indonesia, melalui sertifikasi pelatihan dan pembelajaran berbasis keahlian yang dibutuhkan di era digital.

Ditjen Pol & PUM juga berkomitmen dalam mendukung sumber daya manusia, khususnya di era pandemi Covid-19. Salah satu bentuk komitmen itu dilakukan melalui penyelenggaraan webinar rutin dengan melibatkan pihak MyEduSolve. “Kegiatan webinar kali ini tentunya diharapkan dapat mendukung dalam percepatan pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang,” tutur Drajat.

Literasi digital, kata Drajat, menjadi istilah yang begitu populer di masyarakat pada akhir-akhir ini. Konsep ini erat dengan penggunaan media digital sebagai aktivitas pemenuhan informasi di masyarakat melalui media internet. Literasi digital sama pentingnya dengan membaca, menulis, dan berhitung.

Untuk itu, pembinaan dan sosialisasi terhadap norma dan aturan literasi digital tersebut perlu digencarkan. Hal ini bertujuan agar dalam memanfaatkan teknologi tidak ada norma dan aturan yang dilanggar oleh masyarakat. Terlebih di masa pandemi masyarakat dipaksa secara tidak langsung untuk lebih akrab dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Drajat kemudian menyoroti pula soal peredaran berita hoaks yang dapat menimbulkan kebingungan atas kebenaran suatu informasi. “Di sinilah pentingnya literasi digital, literasi digital yang baik akan membantu masyarakat untuk menyaring informasi,” tambahnya.

Webinar kali ini juga bertujuan untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Sebagaimana diketahui, saat ini masih dibutuhkan media penghubung untuk membuka peluang bagi SDM Indonesia dalam meningkatkan kemampuan dan keahlian dalam bidang penguasaan teknologi.

“Oleh karena itu melalui webinar kali ini diharapkan MyEduSolve dapat menyampaikan terkait program kegiatan literasi digital,” ujar Drajat.(rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *