Untuk Mencegah Penularan Covid-19, Bupati Sumenep Berlakukan SIKM

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

 

SUMENEP, Jatimexplore.net- Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan melindungi masyarakat di Kabupaten Sumenep, Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi mulai memberlakukan surat izin keluar masuk (SIKM).

Kebijakan SIKM berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi (Rakor) Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sumenep, dan layanan SIKM itu akan mulai diberlakukan sejak Juma’at (25/06/2021). Oleh karena itu bagi warga Sumenep yang hendak bepergian ke luar kota bisa segera mengurus sebelum nerangkat.

“Kami menerbitkan kebijakan SIKM dalam rangka menjaga serta melindungi masyarakat dari penyebaran dan penularan Covid-19,” kata Bupati seusai rakor Covid-19 Kamis (24/06/2021) sore.

Kami melihat tren penularan kasus Covid-19 dibeberapa daerah cenderung naik. Penyekatan pun masih terus dilakukan, makanya kami berlakukan SIKM mulai besok.”jika masyarakat membutuhkan SIKM bisa langsung datang ke kantor kecamatan masing-masing,” terangnya.

Bupati menyatakan, pihaknya untuk mempermudah pelayanan juga memberikan pelayanan SIKM di Puskesmas, dengan menempatkan petugas kecamatan yang siap melayani masyarakat.

Proses pembuatan SIKM cukup mudah, hanya datang ke Puskesmas untuk dilakukan Swab antigen, membawa KTP asli dan memberikan keterangan alasan keluar daerah dan tujuan kota. Untuk waktu pembuatan SIKM mulai Jam 09.00-12.00 wib, karena diluar ketentuan waktu itu tidak ada pelayanan.

“Masyarakat yang keluar dan masuk wilayah Sumenep wajib membawa SIKM yang dikeluarkan oleh kecamatan setempat,” jelas Fauzi.

Lebih lanjut, Bupati Sumenep menghimbau agar masyarakat tetap patuh menerapkan protokol kesehatan selama diluar kota. Hal itu agar tidak terpapar Covid-19.

“Protokol kesehatan harus tetap wajib dilakukan, dari menggunakan masker, hindari kerumunan dan rajin cuci tangan. Jangan karena sudah ada SIKM lalu abai, ini agar tidak membawa masuk virus saat kembali ke Sumenep,” pungkasnya.

Lanjut dia, jika pihaknya saat ini sedang menggenjot vaksinasi. Setiap hari di semua kecamatan, baik di daratan maupun kepulauan Sumenep digelar pemberian vaksin kepada masyarakat. Hal itu guna mempercepat terciptanya ketahanan kelompok terhadap penularan Covid-19.

Reporter : Zr

Publisher : yudhik/tondo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *