Mendagri Apresiasi Ketertiban Vaksinasi Covid-19 di Ubud

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

GIANYAR, Jatimexplore.net – Hari ini, Selasa, 23 Maret 2021 menjadi hari yang dinanti warga Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Bagaimana tidak, semenjak pandemi Covid-19 melanda hampir seluruh pelosok tanah air, bahkan global, vaksinasi menjadi jurus pamungkas yang dinanti.

Setahun sejak kasus pertama Covid-19 ditemukan di Indonesia, akhirnya masyarakat Ubud sedikit bernafas lega, tiba waktunya mereka mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Tak ada kerumunan, tak ada keramaian, setiap warga yang hadir diberi jarak, semuanya dilaksanakan syarat akan protokol kesehatan yang ketat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian dalam lawatannya ke Bali kali ini, menyempatkan hadir untuk meninjau jalannya vaksinasi. Ia pun mengaku kagum dan memuji ketertiban masyarakat Ubud dalam mendapatkan giliran untuk divaksin.

“Saya jujur, melihat ketertiban yang ada di Ubud ini saya kagum, tertib, teratur seperti ini,” puji Mendagri Tito.

Seperti biasa, masyarakat Ubud hadir dengan busana nan kental dengan budayanya, secara tertib mendatangi lokasi vaksinasi di Bale Tegallantang, Kelurahan Ubud, sesuai giliran yang telah dijadwalkan.

Belajar pada pengalaman penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi, masyarakat yang hendak divaksin, diatur jam kedatangannya agar tak menuai kerumunan. Hal inilah yang dipuji Mendagri Tito, dengan harapan, metode serupa dapat diterapkan di daerah lainnya.

“Ini saya kira bisa menjadi contoh, bukan hanya di Bali, tapi untuk seluruh Indonesia. Harapan saya, nanti dengan adanya keteraturan jam, terjadi aliran masuk dan keluar dengan baik,” kata Mendagri.

Mendagri yang hadir menggunakan baju batik lengan panjang, dan lengkap dengan menggunakan masker itu juga berpesan, agar vaksinasi tak lantas mengendorkan protokol kesehatan. Meski vaksin menjadi senjata terkahir, tetap protokol kesehatan menjadi yang utama.

“Pesan saya, bagi yang sudah divaksin, jangan langsung merasa sudah aman, lepas masker, dan lain-lain. Tetap pakai masker, cuci tangan hindari kerumunan, jaga jarak,” pesannya.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali dengan sejumlah agenda. Tak hanya meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Desa Ubud, ia juga melakukan pertemuan dengan Gubernur, Forkopimda Bali, untuk membahas sejumlah hal, di antaranya pelaksanaan PPKM Mikro, penanganan Covid-19, serta Pemulihan Ekonomi Nasional dan Pariwisata. (rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *