Persiapan Pilkada Sudah Sangat Terencana, Kemendagri Serukan Masyarakat untuk Tak Khawatir

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA, Jatimexplore.net – Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik mengajak masyarakat agar ikut berpartisipasi dengan menggunakan hak pilih pada pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember. Hal itu disampaikan Akmal pada Webinar “9 Desember, Gunakan Hak Pilihmu” KompasTV melalui Vidcon di Gedung F Kemendagri, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Akmal dengan tegas mengatakan bahwa Pilkada adalah kegiatan formal yang sudah sangat terencana dengan baik. Ia juga menjelaskan bahwa tidak hanya pemerintah atau pihak penyelenggara yang aktif dalam mempersiapkan kesuksesan Pilkada, tetapi Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 juga sudah saling berkoordinasi untuk menyiapkan seluruh tahapan Pilkada dengan baik. Artinya, masyarakat tidak perlu khawatir lantaran Pilkada sudah dipersiapakan dengan matang dengan berbagai upaya agar masyarakat terhindar dari paparan Covid-19.

“Tugas masyarakat hanya patuhi protokol kesehatan, datang ke lokasi pada jadwal yang sudah ditentukan oleh KPU,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan bahwa partisipasi dari masyarakat itu sangat penting untuk memperoleh pemimpin daerah dengan legitimasi yang kuat. “Kita membutuhkan pemimpin yang memiliki legitimasi kuat, kita kan semua sepakat untuk menangani Covid-19 ini secara bersama-sama, saling bersinergi. Sinergi bersama-sama itu membutuhkan partisipasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Akmal mengapresiasi bantuan Kementerian Kesehatan yang sudah mempersiapkan Satgas khusus di masing-masing daerah untuk membantu kelancaran Pilkada pada hari H. “Kami berterima kasih teman-teman dari Kemenkes. Tadi pagi pun sudah mempunyai sebuah Satgas tersendiri yang siap untuk men-supply ketika ada kekurangan-kekurangan kebutuhan alat-alat pelindung diri bagi penyelenggara di masing-masing daerah,” tandasnya.

Lebih lanjut, ia mengajak masyarakat untuk disiplin dalam memanfaatkan waktu pencoblosan. “Kedisplinan warga untuk datang di waktu yang sudah ditentukan oleh Teman-Teman KPU menjadi kunci keberhasilan nanti pencoblosan di tanggal 9 Desember,” pungkasnya.(rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *