Memperingati HUT ke 47, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Covid-19.

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA, Jatimexplore.net – Memperingati ulang tahunnya (HUT) yang ke 47, Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) di bawah kepimpinan Ketua Umum, Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH, Sabtu 6 Juni 2020, melakukan bhakti sosial berupa pemberian bantuan kepada warga terdampak covid-19, yang diawali dengan Ibadah singkat kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia, Marsma TNI Donald Kasenda, ST, SIP, MM dan juga sambutan dari Dewan Pengurus Pusat KKK yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal DPP, Ayub Junus, MSc.

Sekjen Ayub Junus dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kegiatan bantuan sosial dari KKK kepada warga Kawanua di Jakarta dan sekitarnya dalam masa pandemi Covid-19 ini adalah bentuk mewujudnyatakan SI TOU TIMOU TUMOU TOU.

“Semboyan tokoh Sam Ratulangi ini adalah MISI dari Kerukunan Keluarga Kawanua dibawah kepimpinan Ketua Umum Dr. Ronny F. Sompie, SH, MH.,” kata Junus.

Ditambahkannya, kegiatan pemberian bantuan sosial ini sekaligus merupakan rangkaian kegiatan KKK dalam rangka memperingati Paskah, Kenaikan, Pentakota dan HUT ke-47 KKK.

“Yang menarik untuk diperhatikan dari keseluruhan acara yang menggunakan tagline: TurnBack Covid-19 yaitu adanya dukungan dari seluruh warga Kawanua, baik yang berada di Jakarta, seluruh Indonesia dan juga dari luar negeri berupa dukungan promosi acara dan bantuan-bantuan yang diterima secara mapalus,” tambah Ketua Panitia, Donald Kasenda.

Menurut Kasenda, boleh dikatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk pertama kali bagi para Kawanua diseluruh dunia ikut terlibat didalam kegiatan bantuan sosial. Ini sekaligus membuktikan bahwa falsafah dan kearifan lokal yang dimiliki oleh para Kawanua yaitu: Masawang-sawangan (saling menolong) & Matombo-tomboloan (saling menopang) masih melekat kuat dalam jiwa para Kawanua yang sudah merantau.

Pada 13 Juni, pekan depan, panitia juga mengagendakan acara Ibadah Paskah, Kenaikan, Pentakosta dan HUT ke-47 KKK yang akan diadakan secara online (live stream) dari gedung gereja GPIB Paulus. Kegiatan ini juga akan melibatkan para Kawanua.

Kepanitiaan ini di bawah arahan Brigjen (Pol) Dr. Tommy Winston Watuliu, MSi selaku Wakil Ketua Umum I DPP KKK. Mereka yang dipercayakan sebagai panitia pelaksana, masing-masing sebagai Ketua Panitia Marsma TNI Donald Kasenda, ST, SIP, MM., Sekretaris Panitia Dr. Ir. Donald R. Pokatong, MSc dan Bendahara Panitia Ibu Debby Watuliu-Dumais. (rls/Mercys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *