Pemerintah Solid Mendukung Kerja Penyelenggara Pilkada

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BALI, Jatimexplore.net – Pemerintah mendukung penuh kerja penyelenggara pemilu dalam menggelar pemilihan kepala daerah serentak (pilkada). Diharapkan, dengan dukungan ini, semua tahapan pemilihan bisa dilakukan dengan lancar. Pesta demokrasi di 270 daerah pun bisa sukses, aman dan damai.

Demikian diungkapkan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar saat memberi sambutan di acara Rakor Bidang Politik dan Pemerintah Umum Tahun 2020 dan Deteksi Dini Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang digelar di Nusa Dua Convention Center, Bali, Kamis (27/02/2020). Menurut Bahtiar, dari sejak pertama pemilihan serentak digelar, pemerintah, khususnya Kemendagri selalu solid mendukung kerja penyelenggara pemilu.

” Kami hendak menyampaikan kepada penyelenggara, betapa pemerintah pusat solid dukung suksesnya penyelenggaraan pemilihan kepala daerah,” ujarnya.

Pilkada di 270 daerah tahun ini, lanjut Bahtiar, merupakan pemilihan kepala daerah serentak yang keempat. Pesta demokrasi di daerah sebelumnya berjalan sukses. Tentu, harapannya, pemilihan kepala daerah tahun ini juga berjalan sukses. Aman. Damai dan demokratis. Dan, secara kualitas makin baik.

” Pilkada serentak 2020 ini merupakan Pilkada serentak keempat. Memang ini bukan yang pertama. Tapi kewaspadaan deteksi dini, cegah dini dan konsolidasi dini seluruh tahapan sangat penting,”katanya.

Dengan situasi politik yang terkendali, kata dia, diharapkan pemilihan berjalan dengan aman. Pemilih bisa menunaikan hak pilihnya dengan tenang. ” Sehingga Pilkada bisa melahirkan pemimpin hebat di 270 daerah,” ujarnya.

Tugas stakeholder pemilihan, kata Bahtiar, tidak sekedar memastikan pemilih bisa hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari H nanti. Namun, mesti ikut bertanggungjawab melakukan pendidikan politik pada pemilih. Sehingga, pemilih pun bisa menjadi pemilih yang cerdas. Kemendagri, khususnya Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum, akan terus mendorong upaya-upaya untuk mencerdaskan politik.

” Kita dorong agar masyakarat kita bisa menjadi pemilih cerdas,” ujarnya.

Bahtiar juga sempat menyinggung soal netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Kehadiran seluruh Sekretaris Daerah (Sekda) dari daerah yang akan menggelar pemilihan sangat penting. Kemendagri sendiri, berkomitmen 0untuk memastikan ASN netral di pilkada serentak nanti.

” ASN itu haru netral. Tegak lurus. Dan kami minta para Sekda yang hadir untuk memastikan tak ada mobilisasi ASN. Dengan begitu pilkada bisa berjalan sukses dan aman. Selain berlangsung secara demokratis tentunya,” kata Bahtiar yang juga Kepala Pusat Kemendagri tersebut.(rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *