Untung Suropati Dapat Jadikan Surabaya Kota Maritim Dunia

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SURABAYA, Jatimexplore.net – Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

Menjelang pemilihan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya 2020, bursa kandidat bakal calon wali kota semakin ramai diperbincangkan masyarakat Surabaya mengingat kebutuhan Kota Surabaya pasca Risma akan sangat mendesak untuk melanjutkan pembangunan di berbagai sektor yang semakin kompleks dan menjadikan Surabaya sebagai Kota Maritim dunia.

Salah satu bakal calon wali kota Surabaya ternyata ada dari mantan perwira tinggi Angkatan Laut, yaitu Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati yang pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut Surabaya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut dan terakhir sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Sismennas Lemhanas RI.

Untung Suropati merupakan perwira berkualifikasi penerbang helikopter TNI AL (Puspenerbal) yang sebagian masa dinasnya banyak dihabiskan di Surabaya di bidang operasi dan memiliki kualifikasi yang jarang ada yakni kemampuan tri media, sebagai marinir, penerbang, dan pelaut.

“Indonesia masih butuh dipimpin ketegasan prajurit dan sosok smart, semua ada pada Pak Untung Suropati,” ujar salah satu warga, Sri Chandra Yasmina .

Sejumlah warga Surabaya lainnya juga berharap Untung Suropati dapat maju sebagai calon wali kota Surabaya yang didukung PDIP. Seperti yang dilontarkan Raden Sahid dan Sulton Padjadjaran, Supriyadi di berbagai media sosial.

“Teman-teman Surabaya, tidak ada salahnya melirik bakal calon wali kota Surabaya satu ini, seorang purnawirawan Laksda yang memiliki komitmen kuat pada kearifan leluhur nusantara,” himbau Damar Shashangka.

Sementara itu, wartawan senior Dar Edi Yoga yang lama bertugas meliput di lingkungan militer juga mendukung Untung Suropati sebagai bakal calon wali kota Surabaya karena dinilai sebagai sosok yang cerdas, jujur, memiliki wawasan luas, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan jabatan yang dipercayakan kepadanya selama ini.

“Saya yakin masyarakat Surabaya mendukung penuh Untung Suropati sebagai wali kota Surabaya, mengingat Surabaya sebagai Kota Pelaut yang membutuhkan sosok tegas dan berwibawa, serta dapat menjadikan kota ini aman dari bahaya intoleransi dan radikalisme,” ujar Dar Edi Yoga.(rls/Mercys)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *