Ikwan TQN Ponpes Suryalaya Kecamatan Bluto Adakan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al Jilani.

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SUMENEP, Jatimexplore.net – Peringatan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al Jilani untuk kalangan ikhwan Tarekat Qodiriyah Wan Naqsabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya Tasik Malaya diadakan satu kali dalam sebulan.

Untuk itu ikhwan TQN yang tergabung dalam Pembantu Perwakilan Kecamatan Bluto mengadakan peringatan Manaqib ini tiap malam jumat minggu terakhir dalam setiap bulannya.

Kata Manaqib dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai makna “kisah kekeramatan para wali (manakib Syekh Abdul Qadir Jailani)”.

Sedangkan pada peringatan manakib kalangan ikhwan TQN Pondok Pesantren Suryalaya Tasik Malaya dari tingkat pusat sampai kepada pembantu pembantu perwakilan tiap kecamatan dalam wilayah masing masing dikemas dalam beberapa acara diantaranya, Pembukaan, Pembacaan Tanbih (peringatan) dari guru mursyid, Tawasulan, Manaqib itu sendiri, lalu yang terakhir pembacaan doa, jika waktu memungkinkan dan tidak berhalangan biasanya ada tausiyah agama yang di isi oleh wakil talkin dari TQN itu sendiri.

Saat media ini meliput acara manaqiban di Kecamatan Bluto yang di tempatkan di Masjid Jami’ Nurul Amin Bluto Lao’ pada hari Kamis (25/07/2019), berhasil mewawancarai koordinator panitia pelaksana sesaat usainya acara.

” Betul mas, acara manaqiban, memang sudah menjadi amalan rutin kami (pengikut TQN Ponpes Suryalaya Tasik Malaya Jawa Barat) mengadakan Manakiban tiap malam jumat minggu terakhir dalam setiap bulannya,” jawab Ustad Herman Faelani saat ditanya reporter media ini.

Lebih lanjut beliau menjelaskan, “acara manakiban ini sebenarnya diadakan oleh Pembantu Perwakilan Kecamatan Bluto, tapi alhamdulillah ternyata ada jamaah yang dari luar Kecamatan Bluto seperti dari Kecamatan Saronggi dan Kecamatan Pragaan,” terangnya.

Dari hasil pantauan media ini pada waktu yang sama, jamaah yang datang pada acara manakiban kali ini, memang cukup lumayan banyak ikhwan (jamaah laki laki) dan akhwat (jamaah perempuan) ada sekitar ratusan orang.

Saat ditanyakan apakah acara manaqib ini hanya khusus untuk pengikut TQN, beliau menjelaskan “jika memang ada jamaah diluar kami (ikhwan TQN) ingin mengikuti manaqib ini monggo dipersilahkan, syukur syukur akhirnya juga ikut berbaiat talqin dzikir sesuai dengan metode TQN suryalaya yg pusatnya di Kabupaten Tasik Malaya Jawa Barat, kepada wakil talkin yang memang ditunjuk dan ditugaskan oleh Abah Anom selaku Guru Mursyid TQN” Jelasnya.

” Untuk ikhwan TQN Ponpes Suryalaya, Manaqib Syeikh Abdul Qodir ini kan amalan rutin bulanan, sedangkan untuk amalan yang rutin tiap waktu dan tiap minggu ada lagi lain, dan dari kesemua amalan tersebut murni untuk urusan akhirat, masak kita gak mau bagi bagi, dalam TQN ini gak ada urusan politik, jauh dari urusan duniawi, murni hanya untuk memperbaiki hati dan orientasinya memang hanya benar benar akhirat, jika memang ada yg ingin bergabung dengan senang hati mas,” jelas Ustad Herman panjang lebar pada reporter media ini.

Sekedar diketahui, Manaqib yang diadakan oleh Ikhwan TQN Pembantu Perwakilan Kecamatan Bluto berpusat di Kabupaten Tasik Malaya Provinsi Jawa Barat Ponpes Surayalaya dengan Mursyid Toriqohnya Alm. KH. Akhmad Shohibul Wafa Tajul Arifin RA (Abah Anom) , dengan pengemban amanah saat ini yang masih ada sesuai dengan surat wasiat dari Abah Anom yaitu KH. Zainal Abidin Anwar. (Riana)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *