Lakukan Penilaian, Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Dan Kelurahan Turun Ke Daerah

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LIMA PULUH KOTA, Jatimexplore.net – Tim Klarifikasi Lapangan dalam rangka Lomba Desa Dan Kelurahan Regional I dari Direktorat Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri turun ke Daerah untuk melakukan penilaian Lomba Desa Tahun 2019. Penilaian dan klarifikasi dilakukan pada Desa Taram di Kecamatan Harau, Kabupaten 50 Kota, Provinsi Sumatera Barat yang menjadi perwakilan Provinsi untuk mengikuti lomba desa tingkat nasional.

Ketua Tim penilaian Dervy Diana, selaku Kepala Sub Direktorat Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa Wilayah I pada Ditjen Pemdes Kemendagri yang mewakili Dirjen Pemdes mengatakan, kegiatan dilakukan untuk mengevaluasi tingkat perkembangan desa yang dilihat dalam tiga aspek, diantaranya aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan sesuai Permendagri Nomor 81 Tahun 2015.

“Kegiatan dan lomba ini dimaksudkan untuk melihat sekaligus mengevaluasi perkembangan desa dari tiga aspek sesuai Permendagri,” kata Dervy di Desa Taram, Rabu (17/07/2019).

Ia juga menekankan lima hal yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Desa dalam lomba tersebut, yaitu tata kelola Pemerintahan Desa yang ditentukan oleh interaksi masyarakat desa melalui koreksi, saran, masukan, tanggapan (KSMT), Inovasi desa, pengembangan wilayah dan potensi unggulan desa, pemberdayaan dan peningkatan kapasitas modal manusia serta perekonomian melalui usaha khas desa di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Ada beberapa hal yang harus ditekankan dalam penilaian seperti interaksi masyarakatnya seperti apa, pemberdayaan modal manusia dan usaha khas desa nya seperti apa, dan lain-lain,” imbuhnya.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga atas usaha dan kerja keras dari berbagai pihak yang mempersiapkan penyambutan Tim Klarifikasi Lapangan dalam rangka Lomba Desa Dan Kelurahan Regional I. Diharapkan kegiatan ini akan menambah motivasi dan pengalaman serta pembelajaran selanjutnya menjadi bahan evaluasi bagi nagari, ditindaklanjuti dan diperbaiki dimasa mendatang.

“Kegiatan lomba desa merupakan agenda rutin setiap tahun dan Alhamd ulillah pada tahun ini Desa Taram kembali berhasil memenangkan perlombaan Desa tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada bulan April lalu dan juga telah ditetapkan sebagai juara 1 lomba Desa dan Kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Sekarang ini kembali kita hadiri dan saksikan bersama Nagari Taram kembali mengukir prestasi, menjadi catatan prestasi terbaik mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota pada penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Regional Tahun 2019,” ungkapnya.

Desa Taram, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat merupakan juara desa tinggal regional. Dalam penilaian administrasi, desa tersebut dapat peringkat 5 besar dari 8 desa yang mengikuti lomba, dan persyaratan wajib dapat terpenuhi diantaranya profil desa nya inovasi dan keunggulannya serta potensi desanya.

Desa Taram juga memiliki sejumlah potensi desa diantaranya Pasar Nagari Taram, Serai Wangi (Sereh Wangi), komoditi Peternakan Sapi Nagari Taram terbesar ke dua di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan populasi 1500 ekor, budidaya Jamur Tiram, serta Produk UMKM seperti Dendeng Taram, kacang Balado, rendang taram dan baluik taram.

Adapun Inovasi di bidang pemerintahan yaitu adanya “PADAN” (Pelayanan Administrasi Terpadu Nagari), tertuang dalam Peraturan Nagari Nomor 57 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan, S-TUNA (Swadaya TUkang NAgari) dalam kegiatan Pembangunan Kelompok Tukang Nagari sesuai SK Wali Nagari Nomor 32 Tahun 2018 menyumbangkan tenaga mereka untuk bekerja selama satu hari dalam seminggu tanpa dibayar, dan lain sebagainya termasuk ada inovasi dalam aspek kewilayahan dan kemasyarakatan.

Sebagai juara satu di Provinsi Sumatera Barat, Desa Taram menjadi perwakilan Provinsi untuk mengikuti lomba Desa Tingkat Nasional.(rls/robert)

Sumber : Puspen Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *