Wisata Alam Gua Soekarno, Kilauan Stalagtit dan Stalagnit Nan Memukau.

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SUMENEP, Jatimexplore.net – Kabupaten Sumenep yang terletak diujung timur Pulau Madura, Jawa Timur, sangat kaya dengan destinasi wisata dan layak disebut surganya wisatawan. Diantaranya Keraton Sumenep, museum keraton, Pantai Lombang, Pantai Slopeng, Pantai Gili Labak, Pantai Sembilan ,Makam raja-raja Sumenep di Asta Tinggi.

Selain destinasi tersebut, telah ditemukan destinasi wisata baru yang diberi nama Gua Soekarno. Lokasi Gua Sukarno berada di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan.

( Bagian Dalam Gua Soekarno, Foto Istimewa)

Untuk sampai ke lokasi Gua Soekarno ini tidaklah sulit karena bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat yang dapat ditempuh sekitar 40 sd. 50 menit dari kota sumenep dan karcis masuk dipatok sebesar Rp. 15.000,-. Didalam gua juga tersedia kolam yang ada di dekat jurang dan juga cafe.

( Ada cafe didalam gua soekarno, Foto Istimewa)

Hairul Anwar selaku pengelola wisata Gua Sukarno mengatakan, nama Gua Soekarno diambil dari nama presiden pertama Republik Indonesia ini.

” Saat pertama kali ditemukan setahun yang lalu, di dalam gua terdapat lukisan dan gambar sosok proklamator kemerdekaan Republik Indonesia, Ir, Soekarno, sehingga gua ini diberi nama Gua Soekarno,” ungkap Hairul.

Gua Soekarno berada di lahan seluas 5 hektare, gua ini menyuguhkan pemandangan yang memikat siapapun yang berkunjung, seperti stalagtit dan stalagmit disinari lampu berwarna-warni yang membuat dinding gua menjadi sangat indah.

(Bagian dalam gua soekarno, foto Istimewa)

Wisatawan yang datang ke gua ini membludak, rata-rata yang datang dari luar Sumenep seperti Kecamatan Pakong, Pasean, dan kecamatan lain di Pamekasan.

Salah satu pengunjung Gua Sukarno yang berasal dari Jalan Barito, Kecamatan Kota Sumenep,H. Indra Aprianto, mengaku terkesan dengan keindahan dinding gua soekarno.

” Kami sekeluarga sangat terkesan akan keindahan dinding gua yang dipenuhi stalagtit dan stalagnit. Apalagi dengan disinari lampu warna-warni, pernak-pernik lampu di segala penjuru yang membuat pemandangan makin memukau,” papar H.Indra.

( Bagian dalam gua soekarno, foto istimewa)

Dengan telah dilakukan Soft Opening Gua Soekarno pada hari Sabtu (07/06/2019), diharapkan masyarakat bisa menerima bahwa adanya wisata itu sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. (Robert).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *