Nandur Bareng Ponpes Segoro Agung Bersama CDK Wilayah Nganjuk dan KPH Jombang.

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MOJOKERTO, Jatimexplore.net – Sebagai implementasi bentuk dukungan terhadap kelestarian ekosistem hutan dan dalam rangka Bulan Menanam Pohon Nasional, Ponpes Segoro Agung, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, di bawah asuhan KH. Bimo Agus Sunarno bersama dengan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk, Perum Perhutani KPH Jombang, dan para stakeholder mengadakan Kegiatan “Nandur Bareng dan sarasehan dengan tema “Hutan Terjaga Rakyat Sejahtera”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) “Sumber Panguripan” Petak 44c RPH Kedung Lumpang, BKPH Jabung, KPH Jombang yang diikuti oleh ± 150 orang yang berasal dari Perwakila Legislatif ( Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timus), Bupati Mojokerto, Kodim 0815 Mojokerto, Polres/Polresta Mojokerto, Muspika Kecamatan Trowulan, Santri Ponpes Segoro Agung, Komunitas Peduli Lingkungan STIE Al-Anwar, LMDH Wana Sejahtera, LMDH Pakis Makmur, LMDH Sumber Urip, Yayasan Bambu Lestari dan Masyarakat Desa Pakis.
Gerakan ini dilaksankan di KPS Sumber Panguripan dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat bahwa mencintai lingkungan tidak hanya sekedar dengan mengkeramatkan suatu tempat yang dianggap suci, tetapi juga harus ada upaya menjaga lingkungan sekitarnya tetap lestari..

Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.700 batang, yang terdiri dari: Beringin, Bambu Petung, Sukun, Matoa, Durian, Kemiri, Alpukat, Trembesi Kelengkeng dan beberapa jenis tanaman buah. Dipilihnya jenis-jenis tersebut dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkannya tanpa menebang pohon, sehingga kelestarian ekosistem dapat terjaga. Selain itu kedepan lokasi Kawasan Perlindungan Setempat (KPS) Sumber Panguripan seluas 320 Ha tersebut akan dikembangkan menjadi Taman Buah Majapahit, untuk ikon pelestarian sumber mata air dan pengendalian banjir.

Setelah kegiatan penanaman dilakukan sarasehan dengan para stakeholder dengan tema “Hutan Terjaga Rakyat Sejahtera” dengan tujuan untuk memperoleh satu persamaan persepsi bahwa merawat dan melestarikan bumi adalah tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat.(rls/y.hartono)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *