Peduli Korban Kebakaran Borobodur, PWI Papua Barat Galang Bantuan Donasi

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

MANOKWARI, Jatimexplore.net -Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Barat melalui PWI Peduli melakukan aksi penggalangan dana untuk membantu korban musibah kebakaran di Borobudor.

Kegiatan yang melibatkan puluhan wartawan di Manokwari itu berlangsung di lampu merah di H.Bauw, Wosi, Jumat (01/10/2021).

Aksi solidaritas kemanusiaan ini disambut antusias oleh warga Kota Manokwari. Rupiah demi rupiah pun masuk dalam kotak sumbangan.

Sebelumnya, ratusan unit rumah berbahan kayu dan 1 unit masjid di kompleks nelayan Borobudur, Kelurahan Padarni, Distrik Manokwari Barat, Kamis (30/09/2021) siang sekira pukul 11.30 WIT hangus terbakar.

Akibatnya, ribuan jiwa warga di daerah ini kehilangan tempat tinggal. Mereka saat ini mengungsi ke beberapa tempat.

Ketua PWI Papua Barat, Bustam mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk solidaritas wartawan terhadap warga yang mengalami musibah kebakaran.

“Aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap warga yang mendapat musibah kebakaran. Kami harap dapat ikut meringankan beban mereka. Saat ini mereka sedang membutuhkan bantuan dan perhatian dari berbagai pihak,” ujar Bustam.

Sekretaris PWI Papua Barat, Matias Renyaan menambahkan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. “Kami ingin membantu meringankan beban dari warga yang sedang mengalami musibah lewat kontribusi nyata. Selain dalam bentuk tulisan”.

Ia berharap, aksi tersebut dapat menggerakkan dan membangkitkan semangat warga lainnya untuk bersama-sama berdonasi untuk warga korban Borobudur. “Ini duka kita semua masyarakat Manokwari,” ujarnya.

Pihaknya juga menerima sumbangan dana melalui transfer rekening dimana bannernya telah disebarkan melalui media dan media sosial. “Kami menerima donasi dana melalui rekening Mandiri, dengan nomor rekening 1600004024739.An. Lilis Suryani (bendahara PWI Papua Barat,” tantas Matias.

Bantuan langsung diserahkan

Bustam melanjutkan, bahwa bantuan yang dihimpun dari warga masyarakat Manokwari selama satu jam di lampu Merah H.Bauw, berhasil terkumpul Rp4.800.000. Melalui rekening Rp500.000, sehingga total hari ini Rp 5.300.000,-

Dikatakan Bustam, dana yang diterima, sesuai kesepakatan usai aksi penggalangan dana dibelikan dalam bentuk barang. “Dan kami sepakat membeli perlengkapan bayi dan ibu.”

Bendahara PWI Papua Barat, Lilis Suryani merinci, bantuan yang diberikan berupa bubur bayi 34 box, susu bayi dan anak 20 box, minyak telon 10 pcs, minyak tawon 12 pcs,minyak kayu putih 12 pcs,pempers ukuran S,M,L 3 karton, tisu basa 12 buah, botol susu 3 buah dan bedak bayi.

Sedangkan perlengkapan lain, lanjut Lilis, dibelikan tisu kering 1 bal, tikar 10 buah, sarung 20 lembar, peralatan mandi, peralatan mencuci, pembalut 14 pcs, air mineral 6 karton dan autan serta sunlight.

Selain itu, lanjut Lilis, kurang lebih 15 kantong plastik berisi pakaian layak pakai juga diserahkan. “Ini semua donasi dari wartawan dan warga masyarakat Manokwari, yang disalurkan lewat PWI Papua Barat, dan telah diserahkan ke Posko Induk di Gedung Wanita,” tuntas Lilis. (rls/bustam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *