Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Sumenep Akan Rehab Puskesmas

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SUMENEP, Jatimexplore.net – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat.

Peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat salah satunya adalah tersedianya sarana dan prasarana kesehatan yang memadai.

Melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Pemerintah Kabupaten Sumenep merencanakan akan melakukan pembangunan/rehabilitasi Puskesmas di Kabupaten Sumenep agar menjadi puskesmas yang lebih representatif dalam memberikan pelayanan kesehatan yang efektif kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep Ir. Mohammad Jakfar, MM melalui Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Lingkungan Hery Kushendrawan, ST. MT mengatakan puskesmas yang akan direhabilitasi adalah puskesmas yang bangunannya sudah agak lama dan membutuhkan penyesuaian ruangan.

Di samping itu, rehabilitasi ada yang menyasar untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada.

“Rehabilitasi pada prinsipnya dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Beberapa puskesmas yang bangunannya sudah agak lama akan dilakukan rehabilitasi dan penyesuaian ruangan. Tak hanya itu, sarana dan prasarana akan lebih ditingkatkan,” ujarnya.

Pembangunan/Rehabilitasi Puskesmas diawali dengan perencanaan dengan melibatkan semua stakeholder yang berkepentingan agar nantinya hasil dari Pembangunan atau Rehabilitasi puskesmas ini sesuai yang diharapkan.

Pihaknya saat ini telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan kepala puskesmas yang akan direhab untuk mengetahui kondisi terkini puskesmas yang ada. Nantinya akan digunakan untuk pertimbangan rencana rehabilitasi.

Pada Perubahan Anggaran tahun 2020 ini, dilakukan perencanaan untuk 3 puskesmas yang akan dilakukan pembangunan atau rehabilitasi yaitu puskesmas gapura, puskesmas leggung dan puskesmas ambunten dan direncanakan pembangunan atau pehabilitasi puskesmas tersebut akan dilakukan di tahun anggaran 2021.

“Hari rabu kemarin kami telah mengundang 3 kepala puskesmas dan Dinkes untuk berkoordinasi dalam hal perencanaan” tuturnya.

“Pembangunan atau rehabiliasi puskesmas ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat,” harapnya. (Suhardi/Bahri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *