Peringatan HUT KE 75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 oleh Wanita Selam Indonesia (WASI)

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

LIKUPANG, Jatimexplore.net – Ny. Tri Tito Karnavian selaku Ketum WASI kembali melakukan perayaan HUT ke 75 RI dengan cara melaksanakan kegiatan yg berhubungan dengan wisata bahari di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Likupang adalah daerah yang termasuk dari lima tujuan wisata baru yg dicanangkan Presiden RI selain Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo, Minggu (16/08/2020).

Rangkaian kegiatan dilaksanakan sejak tanggal 12 s.d. 14 Agustus 2020. Para peserta adalah 75 orang penyelam wanita yg berasal dari Kota Jakarta, Manado, Bitung, Makassar, Surabaya dan Berau.

Sama seperti acara WASI pada tahun tahun sebelumnya, tujuan utama kegiatan adalah untuk mengajak masyarakat mencintai dan menjaga laut Indonesia, karena tanah air Indonesia adalah negara maritim dengan sumber kekayaan lautnya yg harus dijaga secara bersama sama. Selain itu WASI ikut mempromosikan Likupang sebagai tujuan wisata baru Indonesia.

Di tengah situasi pandemi Covid 19, protokol kesehatan menjadi prioritas utama. Kepanitiaan dan peserta yg cukup banyak disikapi dengan tetap prosedur dan disiplin menjaga protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun/alkohol serta menghindari kerumunan.

Sebelum memutuskan utk mengadakan kegiatan penyelaman, Tri Tito Karnavian telah memastikan dari hasil penelitian dinyatakan air laut termasuk sebagai desinfektan virus Covid 19 sehingga kegiatan di dalam air laut sangat aman.

Namun demikian semua prosedur penyelaman harus taat pada protokol kesehatan. Misalnya pengambilan rapid test untuk panitia dan penyelam, para penyelam menjaga kebersihan alat2 selamnya, kapal hanya menampung 50% penumpang dari kapasitas maksimal, rapat panitia dilaksanakan di area terbuka dll.

Beberapa kegiatan yg dilaksanakan adalah:

Pertama, upacara di bawah laut yg melibatkan 75 penyelam wanita berlokasi di Likupang, Kab Minahasa Utara, Sulut.

Kedua, parade bendera dalam laut dilaksanakan di Laut Likupang, Taman Laut Nasional Bunaken dan Laut Malalayang.

Ketiga, parade bendera tepi pantai di Pulau Lihaga, Likupang dan parade darat di Savana Pulisan, Minahasa Utara. Sulut.

Selain memeriahkan HUT ke 75 RI dengan atribut bendera merah putih. WASI bekerja sama dengan komunitas selam lokal dan PERWOSI juga melaksanakan:

Pertama, bantuan donasi pelestarian terumbu karang di Likupang, Manado, Bitung, Boltim dan Bolsel.

Kedua, bantuan sertifikasi Dive Master untuk para pemandu selam di Kepulauan Maratua (Kaltim), Manado (Sulut) dan Kepulauan Raja Ampat (Pabar)

Ketiga, pembagian masker dan sembako ke masyarakat di Kota Manado, Sulut.

Keempat, pembersihan sampah di pantai pantai wilayah Sulut.

Kelima, sosialisasi protokol kesehatan dan kebiasan baru di masa pandemi Covid-19.

Menurut Tri Tito Karnavian “Setelah sekitar 6 bulan kita dihadapi pandemi Covid 19, kita harus beradaptasi dengan kebiasaan baru dalam semua aktivitas. Olahraga adalah aktivitas yg tidak boleh ditinggalkan karena olahraga salah satu penambah daya tahan tubuh dari penyakit. Olahraga selam termasuk olahraga yg baik karena menciptakan stamina tubuh yg lebih baik,” pungkasnya.

Selanjutnya Tri Tito Karnavian menambahkan: ” WASI juga ingin memberikan keyakinan kepada masyarakat saat ini wisata bahari di daerah Likupang dan wilayah2 lain di Sulawesi Utara sudah siap menerima wisatawan yg ingin berkunjung. Fasilitas penunjang seperti penerbangan, hotel, restoran umumnya sdh menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” imbuhnya.

Diharapkan perayaan HUT ke 75 RI dengan cara olahraga selam mampu meningkatkan rasa semangat nasionalisme dan menciptakan optimisme di masyarakat untuk tetap sehat di masa pandemi Covid-19. Tidak lupa juga untuk meningkatkan perekonomian di bidang pariwisata.

Setelah melakukan rangkaian acara HUT ke 75 RI, Tri Tito Karnavian melanjutkan kegiatannya selaku Ketua Umum PKK melalui #GebrakMasker yaitu Gerakan Bersama Pakai Masker dengan membagi bagikan masker ke masyarakat dan memberi bantuan APD ke Puskesmas.(rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *