Dinas Perikanan Teluk Bintuni Kembali Salurkan Bantuan bagi Nelayan

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BINTUNI, Jatimexplore.net – Dinas Perikan Kabupaten Teluk Bintuni kembali menyalurkan bantuan bagi nelayan asli Papua. Acara seremonial penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Perikanan, Komplek Perkantoran, SP 3, Distrik Manimeri, Kamis (23/01/2020).

Mewakili Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw, Sekda Gustaf Manuputty dan pejabat baru Kepala Dinas Perikanan Widiyaningsih Sri Utami, menyerahkan secara simbolis bantuan kepada perwakilan nelayan.

Bantuan yang disalurkan, bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni, Casco Fiber 21 unit, motor tempel 15 Pk 21 unit, jaring ikan dan udang masing masing 21 pcs, Cod 21 unit, senter 21 unit, Teropong 21 unit, dan Collbox 21 unit, dan yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus ( OTSUS ) yakni, Motor Tempel 50 unit, Collbox 50 unit, jaring ikan dan udang masing – masing 270 Pcs. Bantuan tersebut diberikan kepada 71 penerima yang sebelumnya telah mengajukan proposal di Dinas Perikanan.

Dalam arahannya, Kepala Dinas Perikanan mengatakan kendati bantuan yang diberikan tidak sesuatu harapan masyarakat, namun sudah menjadi kewajiban bagi penerima untuk menggunakan sesuai fungsinya. Sehingga diharapkan dapat membantu menambah pendapatan ekonomi bagi keluarga.

“Saya memohon dan berharap alat tangkap ini dapat dipakai untuk mencari, bukan di oper lagi ke orang lain. Karena yang lalu – lalu banyak laporan, saya dengar informasi ada yang di oper ke tangan lain,” katanya.

Sri menegaskan bahwa bantuan ini merupakan perhatian pemerintah daerah kepada nelayan terutama asli Bintuni. Untuk itu ia meminta gunakan sebaik mungkin dan jangan disia – siakan.

Sementara arahan Bupati Teluk Bintuni Petrus Kasihiw yang disampaikan oleh Sekda Gustaf Manuputty, mengatakan bantuan ini adalah merupakan bantuan yang di anggarkan tahun 2019. Namun baru bisa disalurkan awal tahun ini.

Diakatakannya, sumber dana bantuan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat, dan Dana Otonomi Khusus (Otsus). “Bantuan ini diberikan kepada nelayan yang mengajukan proposal bantuan di Dinas Perikanan,” kata sekda.

Penyaluran bantuan program tahun Dinas Perikanan disalurkan mulai Kamis ini hingga terealisasikan seluruhnya. (at/bm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *