Sahmen Hamdani: Kemendagri Dorong Pengefektifan Fungsi Kehumasan Melalui Medsos.

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BOGOR, Jatimexplore.net – Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Hamdani mendorong pengefektifan fungsi-fungsi kehumasan melalui Media Sosial (Medsos). Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan dan membuka Workshop Kehumasan Lingkup Kemendagri dan BNPP di The Mirah Hotel, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/09/2019).

“Media Sosial di era sekarang penting sekali, bahkan generasi milenial lebih akrab dengan media sosial dibandingkan media elektronik. Media sosial sebagai sarana dapat digunakan agar bagaimana fungsi-fungsi kehumasan ini berjalan dengan baik,” kata Hamdani.

Pengelolaan Media Sosial di era digital kian mendesak dilakukan seiring dengan perubahan dan kecepatan arus informasi yang bisa dihitung dengan hitungan menit bahkan detik.

“Tantangan dalam kecepatan menjadi sebuah kebutuhan karena perkembangan medsos sedemikian rupa, oleh karenanya kita harus memanfaatkan medsos untuk mengimbangi kecepatan informasi,” ujarnya.

Tak hanya dalam hal kecepatan memperbaharui (update) informasi saja, Sumber Daya Humas harus dibekali dengan kemampuan untuk melawan informasi negatif, seperti hoax, dengan membanjiri dengan informasi positif.

“Dalam era digital seperti ini, tidak cukup hanya menyampaikan informasi saja, karena lalu lintas informasi sedemikian rupa cepatnya sehingga ada kebutuhan bagaimana kita tidak hanya menyampaikan informasi, tapi lalu lintas informasi dapat di counter (dilawan) dengan baik,” ungkapnya.

Kian Sentralnya media sosial di era digital untuk digunakan Pemerintahan, menuntut pengelolaan media sosial dikelola dengan baik. Sehingga, Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten menjadi kunci dalam pengelolaan media sosial dalam hal menciptakan diseminasi informasi. Pengembangan dan peningkatan kapasitas serta kompetensi SDM pengelola media sosial dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya melalui kegiatan Workshop.

“Tak boleh serampangan pengelolaannya (media sosial) karena dapat berefek buruk pada citra. Oleh karenanya, SDM menjadi kunci dalam pengelolaan medsos. Oleh karenanya, dengan workshop seperti ini diharapkan akan mampu meningkatkan kapasitas,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hamdani juga mengajak seluruh peserta untuk turut mendoakan Presiden Indonesia ke-3, Bacharudin Jusuf Habibie yang wafat pada Rabu (11/09/2019).(rls/robert)

#Puspen Kemendagri#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *