Ini Pesan Bupati Sumenep Kepada 752 CJH Saat Manasik Akbar dan Pelepasan Secara Simbolis

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SUMENEP, Jatimexplore.net – Bupati Sumenep  A. Busyro Karim, mengingatkan kepada 752 Calon Jamaah Haji (CJH) agar menjaga kekompakan selama menjalankan ibadah di Tanah Suci Mekkah.

Hal itu disampaikan pada acara manasik akbar dan pelepasan simbolis Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Kamis (04/07/2019), di salah satu gedung di Jalan Dr. Cipto.

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim dalam sambutannya menyampaikan calon jamaah haji agar tetap menjaga kekompakan selama proses pelaksanaan ibadah haji. Karena dengan menjaga kekompakan pihaknya yakin setiap persoalan dapat teratasi.

“Pesan saya kepada jamaah haji agar saling menjaga kekompakan. Kalau ada jamaah yang sakit misalnya, maka diurus bersama-sama, dengan saling membantu semuanya dapat teratasi” paparnya.

Menurut mantan Ketua DPRD Sumenep itu, selain menjaga kekompakan, juga rasa toleransi antar umat beragama juga perlu dimiliki. Karena sesampaikam di tanah suci Mekkah perbedaan pasti akan ada.

“Jadi, perbedaan jangan sampai dijadikan persoalan. Seumpama ada jamaah yang tata cara beribadahnya tidak sama dengan kita jangan sampai dijadikan persolan. Karena perbedaan itu rahmat” ujarnya.

Kata orang nomor satu di Sumenep itu setiap tahun Pemerintah Daerah telah menganggarkan dana untuk transportasi dari Sumenep menuju Surabaya, mamin, honor untuk petugas, termasuk pula dana pengamanan sebesar Rp 487 juta lebih dengan dana APBD.

“Kita sudah anggarkan di APBD, dananya sekitar Rp 487.700 juta sekian, misalnya untuk transport, mamin, honor untuk petugas dan keamanan itu kita yang sediakan dananya, dan itu PP (pulang-pergi). Dana itu sebagai bentuk perhatian kami kepada para jamaah haji setiap tahunnya,” ujarnya.

Perlu diketahui berdasarkan data di kantor Kementerian Agama setempat, pada musim haji 2019, ada 752 CJH yang akan berangkat. Mereka terbagi atas dua kloter yakni kloter 06 sebanyak 445 orang dan kloter 07 sebanyak 307 orang. Informasinya, untuk kloter 07 sendiri bakal digabung dengan jamaah haji asal Surabaya sebanyak 138 orang. (Bahri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *