Pernyataan Mendagri Dalam Rangka Rakernas Apeksi XIV 2019 di Semarang

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA, Jatimexplore.net – Pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi dan mengucapakan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kota dalam pelaksanaan Pileg dn Pilpres 2019 telah jalan dengan demokratis, aman serta mencapai tingkat partisipasi yg tinggi.

“Pemerintah Kota melalui Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) harus terus mengawal dan mendukung agar pencapaian sisa sasaran pembangunan dlm RPJMN 2014-2019 harus terlaksana secara tuntas. Apeksi juga harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota otonom dan 5 kota administratif, untuk segera mengambil langkah-langkah penyesuaian terhadap Rancangan RPJMN 2020-2025 sbg penjabaran visi-misi Presiden dan Wapres Terpilih, ke dalam rancangan perubahan masing-masing RPJMD pemerintah kota, sehingga sinkronisasi pembangunan pusat-daerah berjalan dengan baik,” kata Tjahjo.

Dilanjutkan Tjahjo, Pemerintah Kota harus menjadi contoh tentang tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik dengan pendekatan digital, serta melahirkan administrasi pelayanan publik yang cepat, efisien serta mendukung investasi di wilayah perkotaan.

“Perlu disadari bersama bahwa Pemerintah Kota akan terus dihadapkan pada tantangan yang pastinya juga akan lebih besar di masa depan, diantaranya tingkat urbanisasi yang masih tetap tinggi, pembukaan lapangan kerja, penyediaan perumahan dan kebutuhan pokok yg layak, serta persoalan transportasi yg semakin kompleks. Konsekuensinya, pemerintah kota melalui Apeksi harus terus membangun kerjasama yang baik dengan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, agar kompleksitas permasalahan perkotaan yang terus berkembang, mampu ditangani secara sinergi,” papar Tjahjo.

Tjahjo melanjutkan, otonomi daerah membutuhkan kreativitas dan inovasi yang berbasis kearifan lokal setiap daerah. Dengan dukungan infrastruktur yang telah bertumbuh pesat di era Pemerintahan Presiden Joko Widoso dalam 5 tahun terakhir ini, harus dimanfaatkan oleh seluruh Pemerintah Kota untuk terus berkembang melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, sehingga otonomi daerah terus tumbuh dan berkembang dangan baik, khususnya di wilayah perkotaan se Indonesia.

“Sinergitas pemerintah kota melalui Apeksi ini, akan berdampak positif bilamana disinergikan dengan baik bersama pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten se Indonesia,” terang Tjahjo.

Tjahjo juga berharap pelayanan masyarakat di kota semakin maksimal dengan inovasi yang terus ditingkatkan. Ia juga berharap rakernas APEKSI mampu menghadirkan terobosan untuk kemajuan bangsa.

“Bahwa usia kota lambat laun semakin Tua, tetapi Wajah Kota harus semakin Muda dan Tingkat pelayanan dan inovasi harus semakin Tinggi. Kota harus bisa mempertahankan identitas diri, jangan sampai Kota meninggalkan jati dirinya termasuk mempertahankan Kearifan Lokal. Semoga Rakernas ini bisa menghadirkan ide, gagasan dan terobosan yang akan berkontribusi terhadap implementasi Indonesia Maju Berdaulat di masa depan,” tutup Tjahjo.

Sumber : Puspen Kemendagri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *