5 Kabupaten Ini Diminta Tuntaskan Berkas CPNS

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAYAPURA, Jatimexplore.net – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua meminta instansi terkait di Kabupaten Waropen, Jayawijaya, Lanny Jaya, Paniai, dan Merauke untuk segera menuntaskan verifikasi berkas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di wilayahnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Drs. Nicolaus Wenda,MM dalam keteranganya di Jayapura mengatakan penyelesaiaan berkas CPNS di kabupaten-kabupaten sangat urgen dan mendesak karena pekan ini tahapan perekrutan CPNS 2018 memasuki seleksi Computer Assisted Test (CAT) yang dijadkwalnya digelar tanggal 19-25 Juni 2019.

“Masih ada sejumlah kabupaten yang belum selesai melakukan verifikasi data berkas pelamar yang sudah masuk. Diantaranya Kabupaten Jayawijaya, Puncak, Lanny Jaya, Paniai, Merauke, dan Waropen. Makanya kita dorong untuk segera diselesaikan,”kata Wenda.

(Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Drs. Nicolaus Wenda,MM)

Kepala BKD menginformasikan bahwa Kabupaten Puncak tidak dilakukan tes CAT, tapi ujian secara offline. Sedangkan Lanny Jaya dan Paniai terkendala prasarana sehingga menjadi kendala pelaksanaan CAT.

Oleh karenanya, sambung Nicolaus, pihaknya sedang berkoordinasi dengan Menpan RB dengan harapan diberikan waktu tambahan bagi Papua. “Tapi ini hanya bersifat usulan. Karena sebenarnya tahapan itu mesti tetap berjalan sesuai jadwal awal yang sudah diberikan,” ujarnya.

Dia berharap, penerimaan CPNS di Papua yang sudah diberikan secara khusus oleh pemerintah pusat, dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Dengan demikian, diharapkan jadwal yang sudah ditetapkan, wajib diikuti dan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama sebelumnya.

Ditempat terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Jayawijaya Hironimus Hubi mengakui pengumuman lulus administrasi CPNS di daerahnya belum dilakukan karena verifikasi berkas masih dalam proses.

Kata Hubi, pihaknya tidak ingin terburu-buru karena verifikasi berkas CPNS dilakukan secara teliti terutama terkait legalitas ijazah maupun akreditasi dari perguruan tinggi.

“Verifikasi dengan baik sebelum mengumumkan. Sebab pencaker ini warga negara yang punya hak untuk tes. Sehingga kami harus teliti legalitas ijazahnya maupun akreditasi perguruan tingginya,”jelas Hubi.

Untuk diketahui, sebanyak 2896 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tingkat Provinsi Papua dinyatakan lulus administrasi dan selanjutnya akan mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT) yang akan digelar pada tanggal 19 sampai dengan 25 Juni 2019 di Aula Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 Kotaraja Jayapura Para peserta diwajibkan membawa kartu peserta tes, KTP Elektronik dan alat tulis.

Pelamar yang lulus administrasi dan akan mengikuti tes CAT agar segera mengecek nomor ujian melalui akun resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) yakni https://sscn.bkn.go.id/.

Editor: HANS BISAY/RIQUEN ES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *