PLN Janji Juni Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik di Bintuni

Share This Post
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

BINTUNI, Jatimexplore.net – Pertengahan bulan Juni mendatang PLTD baru sudah beroperasi, sehingga dipastikan tidak ada lagi pemadaman listrik di Bintuni.

“Setelah PLTD ini beroperasi, maka kekurangan daya akan melebihi atau surplus karena mesin sewa 3,5 KW (kilowatt) ditambah mesin yang ada 3,2 KW, sementara beban puncak di malam hari 3,8 KW, sedangkan siang hari beban puncak 3,2, jadi surplus kita sekitar 3 NW,” kata Kepala PLN Teluk Bintuni, Iskandar Idris, Selasa (14/5/2019) saat meninjau lokasi PLTD baru bersama Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw,MT.

Lanjut Iskandar Idris, kehadiran PLTD baru tersebut untuk memback-up gangguan pembangkit dari BP Tangguh. Sehingga tidak harus ada lagi pemadaman listrik di Bintuni. ”Ini semua akan menjawab permasalahan listrik di Bintuni selama ini,” katanya.

Persoalan listrik di Bintuni selama ini akan terjawab, setelah pemda setempat menghibahkan lahan dan melakukan penimbunan lokasi PLTD baru.

“Memang kami akui selama ini permasalahan listrik di Bintuni belum tuntas, ini juga di karenakan mesin- mesin yang ada di PLTD saat ini sudah sangat riskan gangguan. Sehingga dengan adanya mesin baru sebanyak 5 unit, 5 x 700 KW dengan kekuatan daya 3,5 mega diharapkan bisa menjawab permasalahan listrik di Bintuni,” katanya.

Sementara itu, Bupati Teluk Bintuni, Ir.Petrus Kasihiw,MT usai meninjau lokasi pembangunan PLTD baru menjelaskan, listrik merupakan kebutuhan yang sangat vital. Dengan adanya perkembangan kabupaten ini dari waktu ke waktu, secara otomatis kebutuhan listrik untuk umum dan industri semakin besar.

“Memang ada pemasok listrik dari BP Tangguh, tapi banyak sekali hambatan- hambatan teknis. Sehingga 4 Mega dari BP Tangguh semuanya tidak masuk di sini (Bintuni,red),” tuturnya.

“Nah, makanya Pemda dan JM Jayapura mencoba mencari solusi, yakni pemda menyediakan lahan bagi PLN untuk membangun PLTD baru, sehingga memindahkan peralatan-peralatan di PLTD lama dapat dilakukan ke lokasi baru,” sambung bupati.

Dukungan lain juga diberikan Pemkab Teluk Bintuni, seperti perijinan dan pembersihan jaringan. “Intinya kita bukan hanya melihat mesin saja, tapi jaringan juga, karena ini semua merupakan kesatuan, makanya pemda memberikan support kepada PLN,” tambah bupati.

Editor : Bustam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *